Saturday, June 20, 2009

Lucid Dreaming

Sumber: DreamViews, Wikipedia, ditambah berbagai sumber lain.

Lucid dreaming adalah suatu keadaan dimana kita mengalami suatu mimpi (yang biasanya sangat jelas, karena itu disebut lucid) dimana tingkat kesadaran kita sama atau hampir sama dengan keadaan bangun. Intinya, kita sadar bahwa kita bermimpi. Dan salah satu kualitas dari lucid dream yang paling populer adalah "dream control", alias pengendalian mimpi.
Mengendalikan mimpi kita sendiri? Mulai kedengaran keren!
  • Sebelum membahas mengenai lucid dreaming, mari kita telusuri fakta2 mengenai mimpi itu sendiri terlebih dahulu:

    1. Mimpi adalah hasil dari aktivitas otak pada suatu tahap tidur tertentu, dimana tubuh kita sedang tertidur, namun otak kita bekerja, menghasilkan frekuensi yang anehnya lebih aktif dari keadaan bangun. Tahap yang dimaksud adalah Rapid Eye-Movement sleep atau REM sleep saja, dimana mata manusia bergerak-gerak secara tak sadar di dalam kelopaknya dengan cepat pada saat tertidur. Hal ini menunjukkan aktivitas otak yang terjadi secara involunter (tidak disadari).
    2. Keaktifan otak pada saat bermimpi adalah beberapa kali lebih aktif dari saat kita terbangun. Efek yang sudah diketahui dari hal ini adalah terjadinya serentetan bayangan-bayangan pikiran yang dipanggil secara acak (kecuali pada keadaan-keadaan tertentu) ke dalam persepsi pancaindra manusia, atau dalam kata lain, mimpi.
    3. Setiap manusia yang tidur setiap harinya sekitar 8 jam mengalami mimpi 4-5 kali setiap tidurnya. Namun manusia pada umumnya hanya mengingat sebagian dari mimpi-mimpi terakhirnya ketika terbangun, dan beberapa malah tidak mengingat apapun sama sekali. Orang yang mengaku tidak bermimpi hanyalah tidak ingat apa yang dimimpikannya...
    4. Ada 5 tahap tidur. Tahap ke-5 adalah REM sleep. Manusia bergerak dari tahap 1 ke tahap 5 secara perlahan, lalu kembali ke tahap 1 dan bergerak ke tahap 5 lagi dan seterusnya hingga terbangun. Dengan setiap perulangan, keempat tahap pertama bertambah pendek dan tahap REM bertambah panjang. Hal ini menyebabkan mimpi terakhir (tepat sebelum bangun) adalah mimpi yang terpanjang dan lebih mudah diingat.


  • Apa gunanya lucid dreaming? Wah, sebenarnya tujuan orang mengalami lucid dreaming secara sengaja itu bervariasi. Tapi dibawah ini ada beberapa tujuan yang umum:
    1. Bersenang-senang. Jelas. Dunia mimpi ada di dalam kendali tanganmu. Apa yang akan kau lakukan dengannya? ^_^
    2. Mengatasi mimpi buruk.
    3. Latihan sosial. Mau latihan pidato sebelum presentasi tugas? ^_^ Sounds convenient, mate!
    4. Problem solving (sampai batas2 tertentu).
    5. Beberapa orang bersumpah telah mengalami "collective lucid dream", yaitu mimpi bersama-sama, dengan adegan yang sama tapi dengan beberapa pemain aktif didalamnya.


  • Satu hal yang perlu diketahui mengenai lucid dreaming: Lucid dreaming bukan "ilmu hitam", bukan juga berkaitan dengan paham New-Age, dan juga tidak mengarahkan orang untuk terlalu terobsesi dengannya. Lucid dreaming adalah proses yang sangat natural; banyak dari kita yang mengalami lucid dreaming setiap harinya ketika kita masih kecil, dimana otak belum terbebani masalah-masalah dan belum dijejali berbagai ilmu pengetahuan dan keahlian, sehingga otak masih "bebas".


  • Ini bagian yang ditunggu2: Caranya masuk ke lucid dream atas kemauan kita sendiri?!?!
    1. Latihan mengingat mimpi (apa gunanya mengontrol mimpi kalo setelah bangun kita lupa segalanya -_-a). Coba bangun satu setengah jam sebelum bangun normal, dan coba catat semua mimpi yang diingat SEGERA di kertas yg sudah disiapkan disamping tempat tidur (poin2 pentingnya saja; tidak perlu membuat novel best-seller). Hal ini akan membuat kita tahu pola mimpi kita (hal2 yg sama bermunculan di setiap mimpi?), sehingga memudahkan kita untuk mengingat mimpi2 yang akan datang. Penting disini untuk kita membuat tidur kita senyaman mungkin sebelumnya.
    2. Setelah secara natural bisa mengingat mimpi sendiri, coba latih kesadaran mimpi
    3. Setelah mengalami lucid dream, coba kontrol mimpi tersebut. Coba ubah adegannya, coba suruh orang itu salto, coba munculkan pedang... Hati-hati; orang sering terbangun ketika memasuki lucid dream karena kaget! Jgn khawatir, lama2 anda bakal terbiasa memperpanjang mimpi anda sendiri.
    4. Belum berhasil? Jangan putus asa. Latihan ini butuh waktu. Bisa mengaktifkan lucid dream setelah sebulan berlatih saja sudah hebat (penulis butuh 3 bulan setengah dengan "reality testing". Setiap kali ada hal yg aneh di kehidupan kita, biasakan mengecek, ini mimpi atau bukan? Coba mencubit diri sendiri, bernafas dengan hidung tertutup, melihat jam digital kita angkanya berubah2 atau tidak. Lama2 kebiasaan ini akan terbawa dalam tidur, dan kita akan bisa sadar kalau kita sedang bermimpi. Sadari juga keberadaan "dream signs" yg lainnya. wkwkwk). Itupun masih untung kalau seminggu dapat 1 atau 2 lucid dream. Tanamkan kemauan yang keras setiap mau tidur, dan anda pasti berhasil.
Silahkan kunjungi situs yang saya sebutkan diatas kalau mau tahu lebih banyak.

1 comment: