Sunday, June 7, 2009

Miss Indonesia 2009


Karenina Sunny Halim menjadi pemenang di even beauty contest Miss Indonesia 2009. Acara ini disiarkan oleh stasiun televisi RCTI pada 5 Juni 2009 dari JCC Plenary Hall, Jakarta. Putri cantik yang mewakili Provinsi DKI Jakarta ini dinyatakan paling pantas untuk menyandang mahkota oleh pendapat 7 orang juri. Dengan kemenangan ini, Karenina akan mewakili Indonesia dalam ajang beauty contest tingkat dunia; Miss World 2009 yang akan diadakan di Johannesburg, Afrika Selatan (ya, kota yang sama tempat diselenggarakannya Red Bull BC One 2007!).

Satu hal yang akan saya soroti di berita ini adalah fakta bahwa Karenina Sunny Halim tidak fasih berbahasa Indonesia, dan dia adalah satu-satunya finalis Miss Indonesia 2009 yang demikian. Hampir semua pertanyaan yang diajukan juri dijawabnya denga bahasa Inggris, dengan sesekali diseling bahasa Indonesia yang terpatah-patah. Dan apa komentar para juri mengenai hal ini?

"Anda bisa lihat tadi, bagaimana kemampuan dia menjawab pertanyaan-pertanyaan yang kami ajukan. Itu membuktikan kelebihan dia dibanding peserta lain," ujar ketua dewan juri Liliana Tanoesoedibyo.
Menurut saya pribadi, para juri had lost their mind. Ini Miss Indonesia! Kemampuan berbahasa Indonesia seharusnya menjadi syarat mutlak bagi seorang Miss Indonesia! Mau taruh dimana muka Indonesia ketika wakilnya yang berangkat ke ajang internasional bahkan tidak lancar berbahasa bahasa negeri sendiri?! Ya, memang, bahasa Inggris tidak kalah pentingnya ketika beradu di ajang internasional, tapi bagaimana dengan bahasa asal from where you hail? Apa ga malu, memakai jas yang necis dilengkapi topi yang bagus, tapi lupa memakai celana?

Sudah saatnya kita lebih selektif dan kritis terhadap pilihan kita.

No comments:

Post a Comment